Selamat Datang Di Rumah Informasi Seputar Kesehatan, Info Unik, Gaya Hidup, Dan Teknologi Beserta Tips Dan Trik Bermanfaat

Ketahui Orang Berbohong Dari Hidungnya

  Yan Cupid      

Perubahan Suhu Tubuh Bisa Mengungkap Kebohongan Seseorang


Ingatkah Anda pada tokoh Pinokio yang fenomenal dulu ? Bila ia, ingatlah ketika ia berbohong maka hidungnya akan memanjang bukan ? Ternyata cerita lama yang ditulis oleh Arlo Collodi ini bisa dibuktikan secara ilmiah mengapa si Pinokio hidungnya terlihat memanjang ketika ia mencoba berbohong. Walau memang dari fakta penelitian orang yang berbohong perubahan bentuk pada hidungnya tak akan menjadi panjang seperti cerita diatas. Namun, memang ada beberapa perubahan pada indera penciuman kita ini ketika kita mencoba untuk berbohong.

Seperti dikutip dari laman merdeka, Menurut Emilio Gomez Milan dan Elvira Salazar Lopes, peneliti dari University of Granada, seperti dilansir oleh NY Daily News, rasa cemas menyebabkan ujung hidung bertambah panas. Artinya ada perubahan suhu pada hidung kalau berbohong, maklum takut ketahuan, kan?

 Mengetahui apakah seseorang berboh dari Perubahan suhu tubuhnya

Nah, para ilmuwan tersebut menemukan setelah melakukan tes pada partisipan melalui kamera pendeteksi panas. Peneliti menamakan ini 'Pinokio Effect'. Penelitian ini menunjukkan bahwa suhu pada ujung hidung partisipan berubah-ubah sesuai dengan mood. Begitu juga dengan otot orbital pada sudut bagian dalam mata.

Baca Juga : 

Selain itu mereka juga mengklaim bahwa suhu tubuh juga dapat mendeteksi hasrat seksual pria dan wanita. Ketika merasakan gairah seksual, suhu tubuh bagian dada dan daerah genital akan meningkat.

Kesimpulannya, ketika seseorang berbohong, korteks insular pada otak akan berubah dan menyebabkan perubahan suhu tubuh. Hal ini karena korteks insular berkaitan dengan pengaturan suhu tubuh.

Sayangnya tak semua orang bisa mengetahui perubahan suhu ujung hidung orang lain. Jika ingin tahu apakah orang tersebut berbohong atau tidak, setidaknya Anda harus menggunakan pemindai suhu tubuh. Wah repotnya...

Nah, tinggal kita mempraktekkannya saja agar orang tidak mudah membohongi atau berniat membohongi kita. Dan cara ini juga mungkin bisa mengetahui apakah seseorang itu adalah tipikal hidung belang aka "kucing garong", hehee....

info unik lain :


logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Ketahui Orang Berbohong Dari Hidungnya. Jangan Lupa Komentar Dan Share

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca ulasan-ulasan menarik yang kami sajikan, tinggalkan juga jejak kehadiran kamu di kolom komentar ya gaez. Bila ada kritik dan saran, sampaikan pada kami melalui menu layanan Contact Me. Kebijakan blog ini, tidak mengizinkan meninggalkan link aktif, dan tidak memperkenankan penggunaan kata-kata yang mengandung sara.