Selamat Datang Di Rumah Informasi Seputar Kesehatan, Info Unik, Gaya Hidup, Dan Teknologi Beserta Tips Dan Trik Bermanfaat

Filosofi Pohon Sirih Simbol Kerukunan Dan Perdamaian

  RN7      

Tumbuhan yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari ini merupakan tanaman obat yang telah diketahui secara luas manfaatnya bagi kesehatan. Secara tradisional sirih kerap kerap dipakai untuk menghentikan pendarahan pada hidung yang lebih dikenal dengan sebutan mimisan dan banyak manfaat lain terutama dalam masalah kewanitaan.



Namun disamping segudang manfaat itu ada sebuah filosofi bermakna sangat luas dalam tumbuhan sirih. Pohon sirih yang meski hidup dengan menumpang pada tanaman lain ini, tidaklah mengambil nutrisi dari tanaman yang ditumpanginya.
Bahkan daunnya yang indah berbentuk hati itu malah akan memperindah tanaman yang ditumpanginya. Demikianlah simbol yang dapat kita pelajari yang menggambarkan hidup berdampingan dengan damai dengan keanekaragaman yang luar biasa di negeri kita yang indah ini.

Sebagai simbol kerukunan dan perdamaian, tak heran dalam adat istiadat suku tertentu kerap membawa dan atau menyuguhkan daun sirih ini sebagai artian pernyataan hidup harmonis dan tidak saling merugikan.
Satu lagi keunikan tumbuhan sirih bila kita perhatikan tumbuhan ini merambat dari bawah ke atas yang bermakna juga dalam kehidupan maupun pekerjaan segala sesuatunya haruslah dimulai dari bawah hingga perlahan-lahan menjadi lebih tinggi dengan tanpa merugikan orang lain.

Sangat disayangkan jika kebanyakan dari kita beranggapan bahwa sirih hanyalah ritual khusus sekapur sirih para orang tua atau nenek-nenek saja yang biasa selalu menyantapnya dilengkapi dengan hidangan kapur, gambir dan pinang atau juga sedikit campuran tembakau.

Sirih hanyalah salah satu dari sekian banyak hal yang indah dan bermanfaat sebagai sesuatu yang dekat dengan kehidupan kita. Baiknyalah kita memahami dan menghargai budaya bangsa kita yang luhur ini agar tercipa suatu perdamaian melalui sehelai daun sirih.

Sederhana namun bermanfaat, mudah namun jarang dimanfaatkan, dekat dengan kehidupan kita namun jauh dari pemahaman, si daun sirih.


baca juga :
Jadilah Berguna Seperti Pisang
Berkeringat Itu Sehat
Ketahui Orang Berbohong Dari Hidungnya
Bahasa Tubuh Yang Harus Di Perhatikan Saat Berbicara
Mengapa Harus Banyak Minum Air Putih

logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Filosofi Pohon Sirih Simbol Kerukunan Dan Perdamaian. Jangan Lupa Komentar Dan Share

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca ulasan-ulasan menarik yang kami sajikan, tinggalkan juga jejak kehadiran kamu di kolom komentar ya gaez. Bila ada kritik dan saran, sampaikan pada kami melalui menu layanan Contact Me. Kebijakan blog ini, tidak mengizinkan meninggalkan link aktif, dan tidak memperkenankan penggunaan kata-kata yang mengandung sara.