Selamat Datang Di Rumah Informasi Seputar Kesehatan, Info Unik, Gaya Hidup, Dan Teknologi Beserta Tips Dan Trik Bermanfaat

Siapkan Pertolongan Pertama Ini Ketika Anak Demam

  RN7      

Mengetahui penyebab Buah Hati Terserang Demam Tinggi Dan Penanganannya

Untuk mempersiapkan pertolongan pertama saat anak mengalami demam tinggi, kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab mengapa anak bisa terserang demam. Berbeda ketika orang dewasa mengalami demam, perlu kita ketahui juga bahwa suhu tubuh yang terlalu tinggi bagi anak ketika demam, bisa mengakibatkan anak menjadi kejang.

Demam bukan merupakan sebuah penyakit tetapi merupakan sebuah gejala atas gangguan kesehatan atau infeksi. Demam merupakan reaksi alami tubuh yang berusaha untuk melawan virus atau infeksi. Seseorang akan mengalami demam bila suhu tubuhnya mencapai 37,5°C atau lebih.

Pada anak, umumnya demam diakibatkan oleh batuk dan pilek (common cold), atau bisa juga datang bersamaan ketika anak terserang flu dan pasca imunisasi, selain penyebab umum yang biasa kita jumpai seperti ketika mengalami sakit kepala dan sakit ketika anak hendak tumbuh gigi. Peningkatan suhu tubuh ini sendiri terjadi sebagai wujud sistem imun tubuh yang sedang memerangi infeksi.

Pertolongan Awal Bagi Anak Yang Mengalami Gejala Demam Tinggi

Memeriksa suhu tubuh anak menggunakan termometer adalah suatu keharusan untuk dilakukan setiap beberapa jam. Jangan pernah bergantung dengan rabaan tangan untuk mengukur suhu tubuh. Sebab ketepatan angka sangat dibutuhkan.

Pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan jika anak mengalami demam tinggi yang juga mengarah pada gejala anak kejang yaitu sebagai berikut.

1. Kompresan Air Hangat Pada Kening

Tindakan ini bermanfaat untuk memberi sinyal pada tubuh untuk menurunkan suhu. Sebaliknya, mengompres kening anak dengan air dingin adalah hal yang harus dihindari.

Terkait : 

2. Berendam Di Air Hangat

Sama seperti mengompres air hangat pada kening, tindakan ini juga bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh, serta mencairkan dahak saat anak terkena pilek atau batuk.

3. Perbanyak Asupan Cairan Bagi Anak

Hindari dehidrasi pada anak akibat meningkatnya suhu tubuh dengan mencukupi kebutuhan cairan. Tidak hanya air putih, Anda pun bisa memberinya susu, teh, atau jus buah yang disukai anak.

4. Baju Yang Nyaman

Bantu anak untuk melepas suhu tinggi pada tubuhnya dengan memakaikan baju tipis yang bersifat breathable. Hindari memakaikan selimut tebal atau kaos kaki.

5. Siapkan Paracetamol

Ciptakan kenyamanan ekstra pada anak dengan memberinya paracetamol yang aman bagi lambung seperti Panadol Anak. Tersedia dalam dosis yang pas untuk bayi usia 0-1 tahun (drops), 1-6 tahun (syrup), 6 tahun ke atas (suspension), dan 2-12 tahun (tablet), paracetamol keluaran Panadol Anak ini bekerja cepat dan efektif meringankan rasa sakit seperti sakit kepala, sakit gigi, dan menurunkan demam yang menyertai flu.

Itulah tadi hal-hal yang harus kita persiapkan guna penanganan awal ketika dirasakan anak akan mengalami demam. Tetap Selalu memperhatikan kondisi buah hati kita ya bila didapati gejala-gejala yang mengarah pada demam tinggi dan kejang-kejang. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Siapkan Pertolongan Pertama Ini Ketika Anak Demam. Jangan Lupa Komentar Dan Share

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca ulasan-ulasan menarik yang kami sajikan, tinggalkan juga jejak kehadiran kamu di kolom komentar ya gaez. Bila ada kritik dan saran, sampaikan pada kami melalui menu layanan Contact Me. Kebijakan blog ini, tidak mengizinkan meninggalkan link aktif, dan tidak memperkenankan penggunaan kata-kata yang mengandung sara.