Selamat Datang Di Rumah Informasi Seputar Kesehatan, Info Unik, Gaya Hidup, Dan Teknologi Beserta Tips Dan Trik Bermanfaat

Inilah Bahaya Buruk Bila Kamu Sering Tidur Bareng Gadget

  RN7      

Hindari Meletakkan Ponsel Dekat Kepala Saat Tidur, Radiasinya Akan Membuatmu Mengalami Berbagai Gangguan Kesehatan 


Tak dipungkiri keberadaan gadget saat ini terbilang memiliki posisi yang sangat istimewa bagi kita. Bahkan, beberapa dari kita mungkin secara tidak langsung kerap memperlakukannya layaknya kekasih pujaan hati. Bayangkan saja, tentu banyak dari kamu yang sulit untuk terlepas atau berjauhan dari smartphone kamu, meskipun itu bukan sesuatu yang urgent sekalipun. Contohnya saja ke kamar mandi atau ketika tidur malam. 

Untuk saat ini terkesan wajar memang, sebab dengan bantuan gadgetlah segala aktivitas kita menjadi terasa lebih mudah. Dukungan fitur canggih yang dimilikinya dan berbagai aplikasi hiburannya juga selalu membuat mood beraktivitas kita meningkat tentunya. Sehingga sangat tidak mengherankan ketika kamu begitu mencintainya.

Gangguan Kesehatan Akibat Paparan Radiasi Ponsel Ketika Tidur
Dampak Buruk Kebiasaan Tidur Dekat Ponsel
Tapi gaez, tahukah kamu membiarkan gadget berada didekatmu ketika tertidur, ternyata berdampak sangat tidak baik dan bisa menimbulkan berbagai gangguan buruk bagi kesehatan tubuh kita loh. Seperti dilansir dari laman Avoskin dotcom, beberapa gangguan tersebut mulai dari permasalahan kulit, hingga tumor otak akan berpotensi menyerang tubuh bila kamu terlalu sering tidur bersama smartphone ponsel pintar kamu gaez.. 

Seperti yang diutarakan seorang ilmuwan kesehatan lingkungan bernama Dr. Devra Davis berikut ini gaez. Sebelum terlambat, yuk buruan kita simak penjelasannya. 

1. Risiko Serangan Kanker 

Potensi terserang kanker adalah poin penting pertama yang wajib kamu ketahui akibat tidur di dekat gadget kamu gaez. Radiasi dari ponsel bisa mempengaruhi pembelahan sel menjadi tidak tekendali, dan memungkinkan munculnya sel jahat. Sel jahat inilah yang akan menyerang jaringan terdekat pada gadget atau yang bersentuhan dengan gadget. Tangan hingga perut bisa jadi sasarannya.

2. Gangguan Sulit Tidur

Risiko berikutnya kalau kamu meletakkan gadgetmu sangat dekat saat tidur adalah kamu enggak bisa tidur. Ya gimana mau bisa tidur kalo chat atau notifikasi lainnya masih pada aktif ? Yang ada, kita bakalan selalu digoda untuk terus memainkan gadget, meski sekedar untuk membalas chat yang kita sendiri sadar sebenarnya itu enggak penting-penting banget yang cuma berasal dari sobat atau scrolling timelinesosial media punya gebetan. Sebaiknyalah kamu harus bisa hentikan kebiasaan yang buruk ini.

Baca Juga : 

3. Tumor Otak

Seperti yang diketahui gadget memiliki gelombang radiasi yang tinggi sehingga bisa memicu sel-sel abnormal atau neoplasma pada otak. Akibatnya regenerasi sel tidak berjalan dengan seharusnya.
Berdasarkan beberapa kasus yang telah terjadi, ternyata tumor otak lebih sering dialami oleh orang produktif dalam usia produktif dan anak-anak.

Seorang ilmuwan kesehatan lingkungan yang bernama Dr. Devra Davis dalam laman halosehat, menyatakan bahwa paparan radiasi dari handphone dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak, terutama pada anak-anak.

Hal ini dikarenakan anak-anak 50% lebih mudah menyerap lebih banyak gelombang elektromagnetik daripada orang dewasa. Dimana tengkorak mereka lebih tipis dan lebih kecil, sehingga gelombang electromagnetic lebih mudah menembus ke otak mereka.

4. Kepala Pusing

Gejala kepala terasa pusing ini kerap dialami para pengguna gadget yang selalu terhubung dengan internet. Menurut hasil survei, orang-orang yang setiap harinya menghabiskan hampir 7 jam sehari menatap layar ponsel mereka lebih sering mengalami sakit kepala. Apabila kamu pernah atau sering merasa pusing seusai berlama-lama melihat layar gadget, maka sudah seharusnya kamu tak menambahinya dengan meletakkan gadget berdampingan denganmu untuk beristirahat. Hal itu akan semakin memperparah rasa sakit kepalamu gaez.

5. Menghambat Metabolisme Tubuh

Membiarkan ponsel menyala akan membuat kualitas tidurmu kurang baik. Kok bisa? Ya, secara tidak sadar ketika gadget masih disebalahmu, maka pikiranmu masih akan tertuju pada informasi yang terdapat pada ponsel. Entah ingin melihat notifikasi pada gadget, atau sekedar membuka aplikasi media sosial.

Selain itu, paparan radiasi gadget juga mempengaruhi produksi melatonin dalam tubuh sehingga membuatmu sulit untuk tidur. Padahal tau sendiri kan, tidur yang kurang akan menyebabkan beberapa gangguan metabolisme tubuh, termasuk pada kulit.

Kurang tidur meningkatkan inflamasi yang memicu jerawat, kulit sensitif, alergi, dan iritasi lainnya. Jadi, saat jam tidur sebaiknya segeralah tidur dan tidak menaruh gadget berdekatan dengan kepalamu.

Tags : Dampak Buruk Sring Tidur Dekat Ponsel | Bahaya Gangguan Kesehatan Bila Tidur Disamping Gadget | Hindari Kebiasaan Membawa Smartphone Bila Hendak Istirahat | Serangan Kanker Akibat Radiasi Pada Ponsel | Tumor Otak | Gangguan Susah Tidur | Kepala Pusing Setelah Berlama-Lama Ber- Internet | Gangguan Metabolisme Tubuh

Baca Juga : 

logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Inilah Bahaya Buruk Bila Kamu Sering Tidur Bareng Gadget. Jangan Lupa Komentar Dan Share

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca ulasan-ulasan menarik yang kami sajikan, tinggalkan juga jejak kehadiran kamu di kolom komentar ya gaez. Bila ada kritik dan saran, sampaikan pada kami melalui menu layanan Contact Me. Kebijakan blog ini, tidak mengizinkan meninggalkan link aktif, dan tidak memperkenankan penggunaan kata-kata yang mengandung sara.