Selamat Datang Di Rumah Informasi Seputar Kesehatan, Info Unik, Gaya Hidup, Dan Teknologi Beserta Tips Dan Trik Bermanfaat

Berkeringat Itu Sehat

  RN7      

Meski terkadang kita masih sering mengaitkan keringat itu dengan sesuatu yang jorok, ternyata sebenarnya berkeringat itu menyehatkan loh. Apalagi keringat sendiri pada dasarnya tidak berbau.Hanya saja yang sering menjadi masalah ketika keringat itu sudah bercampur dengan bakteri yang menumpuk di kulit ketiak.




Berikut Ini Manfaat Sehat Dari Pentingnya Berkeringat :

1. Mendinginkan tubuh
Berkeringat merupakan mekanisme alami tubuh untuk mengatur temperatur yang meningkat saat kita beraktivitas atau kepanasan
. Adam Friedman, seorang dermatologi dan ahli bedah kosmetik dari Montefiore Medical Center, AS dalam sebuah kesimpulannya mengatakan, keringat yang keluar akan membantu tubuh menyingkirkan panas sehingga kita tidak akan kepanasan. Orang yang menderita kondisi ectodermal dysplasia dilarang berolahraga karena mereka akan kepanasan yang bisa berdampak buruk bagi jantung dan fungsi tubuh lainnya. Jadi, bersyukurlah bisa berkeringat.

2. Mencerahkan wajah
Peluh yang bercucuran di wajah bukan cuma mendinginkan tubuh tapi juga berefek pada kebersihan kulit wajah. Menurut seorang ahli dermatologi bernama Schlessinger, keringat di wajah akan mengurangi kotoran yang menyumbat pori-pori. Hal ini juga akan mencegah jerawat. Anda juga disarankan melakukan "olahraga palsu" untuk memicu keringat dengan cara memanaskan wajah. Caranya, dekatkan wajah ke uap air panas selama tiga menit. "Menguapkan wajah merupakan salah satu cara membersihkan kulit wajah. Setelahnya jangan lupa membersihkan wajah karena keringat yang tidak dihapus bisa menyebabkan pori tersumbat lagi," katanya.

3. Menyehatkan sirkulasi
Ketika kita berkeringat, detak jantung akan menjadi cepat dan sirkulasi meningkat, terutama di sekitar kulit. "Dasar kelenjar keringat terletak di lapisan bawah kulit yang lokasinya sangat dekat dengan pembuluh darah kecil," kata Kara Rogers, editor biomedical Encylopaedia Britannica. Ia menambahkan, ketika kelenjar keringat melebar, aliran darah ke kulit akan meningkat sehingga memacu sistem sirkulasi.

4. Melawan infeksi
Berkeringat ternyata sangat efektif melawan bakteri Staphylococcus aureus yang resisten pada antibiotik. Selain itu berkeringat juga akan akan mengurangi bakteri dan jamur berbahaya di kulit.
Menurut Friedman, dalam cairan keringat terkandung nitrit, yang akan diubah menjadi asam nitrit saat mencapai permukaan kulit, gas yang mengandung antibakteri dan antijamur. "Keringat juga mengandung antibiotik alami yang disebut Dermicidin yang bisa membunuh bakteri," katanya


Baca Juga :

Jadilah Berguna Seperti Pisang
7 Keunikan Air Mata Dan Menangis
Wanita Indonesia Lebih Menyukai Pria Berkeringat
Mengapa Harus Banyak Minum Air Putih
Bahaya Minuman Teh Bagi Balita
Filosofi Pohon Sirih Simbol Kerukunan Dan Perdamaian

logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Berkeringat Itu Sehat. Jangan Lupa Komentar Dan Share

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca ulasan-ulasan menarik yang kami sajikan, tinggalkan juga jejak kehadiran kamu di kolom komentar ya gaez. Bila ada kritik dan saran, sampaikan pada kami melalui menu layanan Contact Me. Kebijakan blog ini, tidak mengizinkan meninggalkan link aktif, dan tidak memperkenankan penggunaan kata-kata yang mengandung sara.