Selamat Datang Di Rumah Informasi Seputar Kesehatan, Info Unik, Gaya Hidup, Dan Teknologi Beserta Tips Dan Trik Bermanfaat

Begini Cara Paling Efektif Mengelola Gaji Yang Pas-Pasan

  RN7      

Cara Efektif Memiliki Tabungan Meskipun Gaji Kecil


Memiliki gaji yang pas-pasan memang kerap membuat kita merasa kesulitan dalam memprioritaskan kebutuhan serta mengatur segala finansial yang kita punya. Ya, kebanyakan yang menjadi pengalaman terburuk seorang pekerja yang memiliki penghasilan, katakanlah sangat minim ialah menentukan seberapa besaran yang masih bisa untuk di tabung. Mungkin-mungkin bahkan tak ada lagi sisa penghasilan yang masih bisa untuk ditabung, dikarenakan gaji hanya mencukupi kebutuhan prioritas pokok saja. 

Gaji Kecil Tapi Pengeluaran Banyak, Ini Cara Jitu Mengatasinya
Cara Efektif Mengatur Pengeluaran Dengan Gaji Yang Pas-pasan

Terlebih dikalangan para pekerja yang memilih rumah sewaan sebagai tempat tinggal karena alasan jarak rumah yang jauh dari tempat bekerja. Bayangkan, tentunya akan ada anggaran khusus untuk sewa rumah yang lebih di utamakan setiap baru menerima gaji. Jangankan untuk menabung, bisa bertahan tanpa "numpukin" bon di warung sebelah rumah saja itu mungkin sudah pencapaian luar biasa. 

Belum lagi, tingginya gaya hidup zaman sekarang, yang seolah memaksa untuk terus tak ketinggalan, pastinya menciptakan suatu dilema baru lagi bagi kita yang memiliki gaji pas-pasan. Dan hal ini mungkin menjadi salah faktor utama banyak diantara kita sering mengeluh ketika mendapati gaji yang rasanya baru kemarin diterima tapi begitu cepat sekali habisnya.

Tapi gaez, mengeluh saja tidak akan mampu membuat dirimu keluar dari kondisi yang kamu alami. Dibutuhkan metode pengelolaan yang tepat untuk kita menemukan solusi memanipulasi gaji kita yang pas-pasan itu. Ya, kamu bisa saja berfikir, "gaji gak seberapa, gimana mau ngelolanya?" Namun gaez, perlu kita pahami mengelola penghasilan bukanlah sekedar masalah besar atau sedikitnya gaji yang diterima. Mengelola gaji bukanlah hal yang sulit dilakukan, asalkan kamu fokus kepada apa yang diprioritaskan untuk kebutuhan sehari-hari.

Baiklah, bagi kamu yang memiliki gaji kecil tapi pengeluaran banyak dan merasa kesulitan dalam mengaturnya, coba deh ikutin beberapa tips mengelola gaji yang efektif meskipun penghasilan kecil berikut ini.

Metode Jitu Mengelola Pengeluaran Bagi Pekerja Yang Bergaji Kecil Dan Pas-pasan

Anggaran Pengeluaran Yang Teratur

Membuat Rincian Pengeluaran

Hal pertama yang wajib dilakukan bagi kamu yang memiliki penghasilan pas-pasan ialah mengatur anggaran pengeluaran. Buatlah data dan rincian apa saja yang memang menjadi kebutuhan harian utama kamu dalam sebulan ini sebelum gaji mendarat. 

Baca Juga : 

Dengan mengkonsep anggaran harian seperti ini, tentu lebih memudahkan kamu mengetahui berapa besaran dana yang perlu dialokasikan dari gaji kamu untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Rancang anggaran pengeluaran ini dengan tepat, seperti kebutuhan pokok tiap bulannya dan membayar cicilan atau hutang. 

Untuk menghindari pemborosan, upayakan sebisa mungkin untuk tidak membeli sesuatu yang tak begitu penting. Hal ini memungkinkan kamu mulai memiliki tabungan dari sisa gaji yang sudah kamu terima, ya meskipun kecil, setidaknya menjaga kemungkinan adanya pengeluaran yang tak terduga di luar anggaran yang sudah ditetapkan tadi.

Konsisten Pada Nominal Anggaran Dan Tabungan Setiap Bulannya

Konsistensi Nominal Tabungan

Nah gaez, pada tahapan ini, setelah kamu menentukan rincian anggaran diatas, mulailah untuk konsisten menerapkannya pada bulan-bulan berikutnya. Dengan begitu kamu menjadi terbiasa dengan nominal yang telah kamu tetapkan tersebut, serta terbiasa menyisihkan setidaknya 20% dari gaji yang diterima tiap bulannya untuk pemenuhan tabungan kamu.

Kata kuncinya yaitu konsisten dan otomatis itu akan menjadikan suatu kebiasaan. Terkesan seperti memaksakan memang, tapi gaes ini wajib hukumnya dalam kamu mengatur gajimu yang gak seberapa itu. Supaya apa ? Supaya kamu bisa menekan pemborosan ketika menggunakan gaji yang diterima setiap bulannya.

Berdayakan Dukungan Kecanggihan Teknologi Saat Ini Seperti Salary Benchmark

Salary Benchmark Apps

Jika kedua poin manual diatas sudah mulai kamu terapkan, kamu juga bisa memaksimalkannya dengan kemampuan aplikasi pengatur gaji seperi Salary Benchmark. 

Kamu bisa download aplikasinya di smartphone kamu, dan mulailah menghitung besaran ideal untuk pengeluaran kamu setiap bulannya. Atau bila ingin mencoba melalui internet, kamu bisa kunjungi credit web artikel ini di situs karir.com/salary. Disitu terdapat fitur untuk memudahkan kamu dalam mengatur gaji. 

Nah gaez, mengelola pengeluaran dari gaji yang pas-pasan bukanlah hal yang terdengar sulit bukan untuk dilakukan. Intinya adalah siapkan fokusmu gaez dan mulailah untuk konsisten. Semoga artikel ini bermanfaat ya, dan selamat ber-eksperimen.

Tags : Cara Efektif Mengatur Gaji Yang Pas-Pasan | Gaji Kecil Tapi Pengeluaran Banyak | Mengelola Pengeluaran Dengan Baik Meski Memiliki Gaji Kecil | Pentingnya Membuat Rincian Dan Data Pengeluaran Harian | Konsistensi Menabung | Manfaat Dan Fungsi Salary Benchmark | Aplikasi Android Mengatur Keuangan

Baca Juga : 

logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Begini Cara Paling Efektif Mengelola Gaji Yang Pas-Pasan. Jangan Lupa Komentar Dan Share

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca ulasan-ulasan menarik yang kami sajikan, tinggalkan juga jejak kehadiran kamu di kolom komentar ya gaez. Bila ada kritik dan saran, sampaikan pada kami melalui menu layanan Contact Me. Kebijakan blog ini, tidak mengizinkan meninggalkan link aktif, dan tidak memperkenankan penggunaan kata-kata yang mengandung sara.