Selamat Datang Di Rumah Informasi Seputar Kesehatan, Info Unik, Gaya Hidup, Dan Teknologi Beserta Tips Dan Trik Bermanfaat

Meninggal Dengan Mata Terbuka Tandanya Tidak Tenang ? Berikut Fakta Ilmiahnya

  RN7      

Fakta menyebutkan bahwa tak semua orang meninggal dengan kondisi mata tertutup. Terkadang pula, ada saat dimana orang meninggal dunia, baik di film maupun di dunia nyata, mata orang yang meninggal tersebut dapat terus terbuka walaupun ia sudah meninggal. Dan hal itu menyebabkan mata orang meninggal tersebut harus ditutup paksa oleh orang lain agar dapat menutup.

Mengapa Ada Orang Meninggal Dengan Mata Terbuka
Ilustrasi Orang Meninggal

Bahkan, pernah ada kejadian dimana ada orang yang menggunakan koin untuk menutup mata orang yang sudah meninggal agar tetap tertutup. Hal ini dikarenakan meninggal dengan mata terbuka sering dikaitkan dengan rasa tidak tenang atau ketakutan yang disebabkan oleh tindakan di masa lampau, sehingga kita sering cemas bila ada kerabat yang meninggal dengan mata terbuka.

Namun, tidak jarang pula orang yang meninggal dengan mata tertutup sempurna sesaat sebelum meninggal. Orang yang meninggal dengan mata tertutup sering dianggap meninggal dengan tenang dan tanpa penyesalan.

Fenomena kondisi mata yang menutup ini kita kenal dengan istilah ptosis. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan ptosis? Ptosis ialah sebuah kelainan pada kelopak mata yang menyebabkan mata tertutup saat ajal menjemput. Definisinya secara umum merupakan kondisi jatuhnya atau menutupnya kelopak mata bagian atas.

Kondisi ini dapat terjadi pada orang yang masih hidup dikarenakan stroke, atau penyakit tertentu yang melibatkan persarafan di sekitar mata. Namun kondisi ptosis ini juga dapat terjadi pada orang yang meninggal secara spontan.


Menutupnya kelopak mata atau ptosis ini dapat terjadi secara minimal (1-2 mm), secara sedang (3-4 mm), maupun secara berat (>4mm), atau bahkan dapat menutup sepenuhnya. Ptosis dapat terjadi dari lahir ataupun terjadi sepanjang hidup, hingga meninggal. Ptosis juga dapat terjadi pada satu sisi mata saja ataupun keduanya.

Kenapa dapat terjadi ptosis pada orang yang meninggal?


Berdasarkan penelitian di rumah sakit, ditemukan 63% orang meninggal dengan mata tertutup. Hal ini dihubungkan dengan keterlibatan sistem saraf pusat. Menutupnya mata disebabkan oleh kontraksi dari otot mata dan kelopak mata, yang dilengkapi oleh berbagai macam serabut saraf. Rangsangan pada serabut saraf ini dapat menyebabkan gangguan pada proses membuka atau menutup mata.

Berbagai penyakit yang melibatkan persarafan pusat manusia dapat menyebabkan peristiwa ini, seperti contohnya penjalaran tumor ke otak, atau ensefalopati hepatic, yaitu suatu kondisi di mana menumpuknya kadar amonia darah sehingga mempengaruhi persarafan.

Jadi umumnya, peristiwa menutupnya mata seseorang pada saat kematian disebabkan oleh hubungan dengan sistem persarafan, dan merupakan gambaran neurologis dari penyakit. Baik jika seseorang meninggal dengan mata tertutup atau malah dengan mata terbuka, ini tak ada hubungannya dengan dosa, peristiwa masa lampau, maupun apakah orang tersebut meninggal dengan “tenang” atau tidak.

logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Meninggal Dengan Mata Terbuka Tandanya Tidak Tenang ? Berikut Fakta Ilmiahnya. Jangan Lupa Komentar Dan Share

Previous
« Prev Post

1 comment:

  1. sekali-kalinya lihat orang yang meninggal dulu pas paman sakit kanker

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca ulasan-ulasan menarik yang kami sajikan, tinggalkan juga jejak kehadiran kamu di kolom komentar ya gaez. Bila ada kritik dan saran, sampaikan pada kami melalui menu layanan Contact Me. Kebijakan blog ini, tidak mengizinkan meninggalkan link aktif, dan tidak memperkenankan penggunaan kata-kata yang mengandung sara.