Selamat Datang Di Rumah Informasi Seputar Kesehatan, Info Unik, Gaya Hidup, Dan Teknologi Beserta Tips Dan Trik Bermanfaat

Keunikan Minuman Teh

  RN7      

Asal Usul Daun Teh Diolah Sebagai Minuman 


Minuman yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia ini, merupakan kegemaran banyak orang yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camelia Sinensis dengan air panas dan sedikit campuran gula.
Cina menjadi tempat lahirnya teh. Disanalah pertama kali tanaman Camelia Sinensis tumbuh, tepatnya di daerah Yunan yang beriklim sub tropis, bahkan ada teh liar yang berumur 2,700 tahun dan selebihnya tanaman teh yang ditanam yang mencapai usia 800 tahun ditemukan ditempat ini.


Tapi tahukan anda sejarah menyatakan, konon minuman teh ini berawal dari ketidaksengajaan.
Seorang kaisar cina bernama Shen Nung pada 2737 SM, tanpa sengaja ketika tengah merebus air ada beberapa lembar daun yang tertiup angin dan masuk ke dalam air rebusannya tersebut. Melihat itu, ia tak langsung membuang air rebusan tersebut melainkan membiarkannya hingga masak dan mencoba meminumnya. Betapa terkejutnya ia ketika merasakan kenikmatan dan kesegaran dari minuman itu. Sejak itulah budidaya teh mulai dikembangkan dan memberi pengaruh pada negeri tetangganya seperti jepang dan korea.

Ketenaran mengkonsumsi teh yang sudah dilakukan di Cina dan Jepang akhirnya mampu menjadi topik pembicaraan di Eropa dan Amerika. Mulai dari bagaimana orang  mengkonsumsi teh, meskipun informasi yang di dapatkan masih samar, karena yang menarik mereka mendengar bahwa teh di seduh, digarami sebelum di minum, bahkan ada yang sampai dibubuhi pada mentega dan kemudian dimakan. Adapun Orang Eropa yang secara personal menemukan teh dan kemudian menulis tentangnya adalah Jasper de Cruz pada tahun 1560an. Barulah negara-negara Eropa seperti Portugis, Perancis dan Belanda mulai menjalin hubungan dagang dengan Cina dan membuat kepopuleran minuman teh ke belahan dunia barat dan bersaing dengan minuman yang memiliki daya tarik lainnya seperti anggur, kopi dan coklat. Pada masa itupun layanan teh disajikan pertama kali di restoran. Kedai minuman pun memberikan perkakas teh portabel lengkap disertai alat pemanasnya.

Sementara Indonesia sendiri mengenal teh dimulai dari masa kolonialis Belanda. Di negeri kincir angin itu, konsumsi teh meningkat pesat, meskipun di selingi pertanyaan seputar manfaat teh dan dampak negatif lainnya. Namun itu juga tak begitu mempengaruhi selera masyarakat untuk kembali menikmati minuman teh ini hingga ragam kombinasi konsumsi teh pun dicoba, seperti mencampurkan teh dengan susu. Melihat iklim di Indonesia yang sangat cocok untuk tanaman teh. Sampai saat inipun tanaman teh Indonesia tetap bisa menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil teh terbesar di dunia karena cita rasanya yang tinggi setelah India, Kenya dan Sri Lanka.


baca juga :

Jenis Teh dan Keunikannya
Bahaya Minuman Teh Bagi Balita
Manfaat dan Efek Negatif Minuman Teh
Filosofi Pohon Sirih Simbol Kerukunan Dan Perdamaian
Berkeringat Itu Sehat


logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Keunikan Minuman Teh. Jangan Lupa Komentar Dan Share

Previous
« Prev Post

4 comments:

  1. Minum teh yuukz...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yayaa.. apapun tema nya bicarakan denan minum teh..
      makasi kunjungannya..

      Delete
  2. Cari tau donk fungsi teh n jenis2 teh tuh apa aja?? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi kunjungannya, sayangna saya tidak bisa melakukan kunjungan balik pada anda karena anda menggunakan anonymous..
      jenis teh sudah saya posting di judul jenis teh dan keunikannya..
      semoga bermanfaat..

      Delete

Terima kasih telah membaca ulasan-ulasan menarik yang kami sajikan, tinggalkan juga jejak kehadiran kamu di kolom komentar ya gaez. Bila ada kritik dan saran, sampaikan pada kami melalui menu layanan Contact Me. Kebijakan blog ini, tidak mengizinkan meninggalkan link aktif, dan tidak memperkenankan penggunaan kata-kata yang mengandung sara.