Selamat Datang Di Rumah Informasi Seputar Kesehatan, Info Unik, Gaya Hidup, Dan Teknologi Beserta Tips Dan Trik Bermanfaat

Hindari !!! 5 Kesalahan Yang Berisiko Fatal Saat Menyikat Gigi Ini Pasti Sering Kamu Lakukan

  RN7      

Menyikat gigi adalah salah satu aktivitas yang tentunya tak boleh terlewati di setiap hari kita ya gaez, sebab akan banyak hal buruk yang bisa terjadi pada gigi apabila kita mulai jarang untuk melakukan aktivitas tersebut.

Panduan Cara Menyikat Gigi Yang Benar
Panduan Menyikat Gigi Yang Benar

Namun gaez, sudahkah kita menyikat gigi dengan cara yang benar ? Alih-alih ingin membuat gigi selalu terawat, malah bisa-bisa mendatangkan masalah baru pada gigi seperti gigi yang rusak atau sakit gusi bila kita tidak melakukannya dengan benar.

Pastikan juga kamu rutin melakukannya setiap hari, dalam sehari, dengan waktu yang tepat yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Nah, pada ulasan kali ini, kita akan mengupas beberapa kesalahan yang terlihat sepele yang sering dilakukan pada saat kita menyikat gigi. Dirangkum dari laman Travel and Leisure, yuk kita simak ulasannya berikut ini.

1. Menggunakan Sikat Gigi Yang Salah
Sikat gigi yang baik selalu disertai dengan tulisan “soft” atau lembut pada kemasannya. Pastikan kamu memilih sikat gigi dengan ukuran atau bentuk yang dapat memudahkan kamu menggapai seluruh area gigi. Hindari penggunaan sikat gigi dengan bulu yang kasar karena itu bisa merusak jaringan gusi yang lembut.

2. Jarang Mengganti Sikat Gigi
Banyak orang mengira, hanya dengan memperhatikan kondisi sikat gigi yang terlihat masih tampak baik-baik saja kerap membuat kita bertahan menggunakan sikat gigi lama tersebut. Namun gaez, fakta yang didapat ternyata memaksa kita untuk rajin pula mengganti sikat gigi dengan yang baru. Sikat gigi yang sudah lama dipakai tidak akan efektif untuk membersihkan plak.

Hal ini disebutkan dari hasil analisa American Dental Association (ADA) yang menyarankan agar kita mengganti sikat gigi dengan yang baru dua bulan atau tiga bulan sekali. Atau bila telah terasa bulu sikat gigi yang kita gunakan tak lagi dalam kondisi yang baik, segeralah untuk menggantinya.

3. Menyikat Dengan Gerakan Memutar
Umumnya, disarankan bagi kita, agar menyikat gigi dengan gerakan memutar yang bertujuan untuk membersihkan semua plak. Ternyata gaez, teknik tersebut bukanlah teknik terbaik dalam menyikat gigi, karena menyikat gigi dengan lembut dengan gerakan maju mundur dalam gerakan yang pendek akan lebih efektif untuk menjangkau seluruh plak pada gigi kita dan hal ini sangat direkomendasikan oleh ADA.

4. Menyikat Gigi Hanya Dalam Waktu Singkat
Banyak alat timer untuk menyikat gigi di supermarket yang menyetel timer hanya untuk satu menit saja. Namun ternyata menyikat gigi hanya satu menit tidak akan cukup untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. ADA menyarankan agar Anda menyikat gigi selama dua menit dan dua kali sehari.

5. Luput Untuk Menyikat Lidah
Mungkin terdengar aneh untuk menyikat lidah, namun ternyata hal itu sangat penting untuk kesehatan mulut. Ketika Anda selesai menyikat gigi, sikatlah lidah Anda dengan lembut menggunakan sikat gigi untuk menghilangkan bakteri yang bisa saja membuat gigi Anda rusak atau membuat mulut Anda bau. Anda juga bisa membeli tongue scraper di apotek.

Jadi, sudah pada tahukan gaez, ternyata ada hal-hal yang kita lihat sepele ketika menyikat gigi, namun ternyata itu merupakan suatu kesalahan yang bisa saja berisiko buruk pada kesehatan gigi dan gusi kita.

logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Hindari !!! 5 Kesalahan Yang Berisiko Fatal Saat Menyikat Gigi Ini Pasti Sering Kamu Lakukan. Jangan Lupa Komentar Dan Share

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca ulasan-ulasan menarik yang kami sajikan, tinggalkan juga jejak kehadiran kamu di kolom komentar ya gaez. Bila ada kritik dan saran, sampaikan pada kami melalui menu layanan Contact Me. Kebijakan blog ini, tidak mengizinkan meninggalkan link aktif, dan tidak memperkenankan penggunaan kata-kata yang mengandung sara.