Selamat Datang Di Rumah Informasi Seputar Kesehatan, Info Unik, Gaya Hidup, Dan Teknologi Beserta Tips Dan Trik Bermanfaat

Asah Kemandirian Anak Sejak Dini

  RN7      

Memiliki generasi yang berkualitas tentu saja menjadi harapan banyak sekali orang tua, namun dalam penerapannya tentu tak semudah seperti yang direncanakan. Alih-alih ingin melatih anak agar mandiri, terkadang para orang tua lupa terlalu sering melupakan porsi tugas untuk dikerjakan sang buah hati.



Pola asuh yang menjadikan anak 'pembantu cilik' di rumah dengan memberikan sebuah tugas kepada anak melebihi kemampuan fisik dan mentalnya sangatlah tidak dianjurkan.
Baiklah kita mulai dari hal-hal ringan saja namun dengan intensitas yang terus berulang, seperti menyuruh anak membersihkan ranjangnya sendiri setiap sehabis tidur, atau bisa juga setiap sore hari sebelum mandi untuk menyuruhnya mengelap kaca jendela rumah atau sofa sembari kita para orang tua melakukan rutinitas pekerjaan rumah lainnya. Karena dengan begitu kita telah melatih anak untuk bekerja sama setidaknya membentuk pola fikir mereka untuk bermain dalam sebuah tim, karena anak pada umumnya selalu menghendaki bermain-main.

Biarkan anak berimajinasi dengan alat atau pekerjaan yang ditugaskan kepadanya, biarkan ia berkreasi tentang masa depannya, ini akan memberi dampak didik terhadap anak untuk bertanggung jawab. Yang perlu diperhatikan juga jangan pernah melecehkan cita-cita dan atau terlalu menyepelekan harapan anak tersebut, baiklah para orang tua harus selalu menunjukkan bentuk dukungannya pada sang buah hati meski tak harus melakukannya dalam bentuk eksploitasi anak.

Hal lain yang juga sama pentingnya ialah dengan tidak menyamaratakan atau menyeragamkan pola asuh terhadap anak-anak, ini dikarenakan mereka pada dasarnya adalah pribadi yang berbeda-beda. Sedikit tambahan juga pola didik anak kiranya harus sesuai pada jamannya, menyesuaikan pada tantangan zaman yang ada.

Sekian dulu berbagi informasi anak dari rudyanmorgana, semoga sedikit banyak memberikan manfaat bagi kita apalagi kita para orang tua muda.

baca juga :

Hukuman Fisik Pada Anak Picu Obesitas
Bahaya Minuman Teh Bagi Balita
7 Keunikan Air Mata Dan Menangis
Ketahui Orang Berbohong Dari Hidungnya
Ternyata Perselisihan Itu Bermanfaat

logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Asah Kemandirian Anak Sejak Dini. Jangan Lupa Komentar Dan Share

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca ulasan-ulasan menarik yang kami sajikan, tinggalkan juga jejak kehadiran kamu di kolom komentar ya gaez. Bila ada kritik dan saran, sampaikan pada kami melalui menu layanan Contact Me. Kebijakan blog ini, tidak mengizinkan meninggalkan link aktif, dan tidak memperkenankan penggunaan kata-kata yang mengandung sara.