Selamat Datang Di Rumah Informasi Seputar Kesehatan, Info Unik, Gaya Hidup, Dan Teknologi Beserta Tips Dan Trik Bermanfaat

Bahaya!!! Penyebab Paru-Paru Basah Dan Angin Duduk Ternyata Karena Mandi Sehabis Begadang

  RN7      

Mandi Air Dingin Setelah Begadang Ternyata Berbahaya Bahkan Berisiko Mengalami Kematian Mendadak

Kadang suatu kondisi memaksa tubuh kita untuk begadang dan tetap beraktifitas dengan waktu yang melebihi batas, entah itu dikarenakan tuntutan pekerjaan atau mungkin persiapan dalam menghadapi ujian disekolah atau kampus. Biasanya agar keesokan harinya terlihat cepat segar setelah semalaman tidak tidur, kebanyakan orang memilih untuk mandi air dingin. Namun, apakah kebiasaan itu tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh?

Penyebab Paru-Paru Basah Dan Angin Duduk
Bahaya Mandi Setelah Begadang
Tubuh bekerja mengikuti jam biologis yang mengatur setiap fungsi tubuh secara otomatis, sesuai dengan kebiasaan sehari-hari. Terganggunya jam biologis seseorang bisa menyebabkan gangguan pada sistem-sistem tubuh tertentu. 

Suhu tubuh yang normal di pagi hingga sore hari yaitu sekitar 37 derajat Celsius. Suhu ini akan menurun di malam hari dan akan terus menurun selama kita tertidur hingga mencapai 36 atau 35 derajat Celsius. Ketika tubuh dipaksakan tetap beraktivitas dan bekerja semalam suntuk, suhu tubuh tidak akan menurun, bahkan akan meningkat. Akibatnya, jam biologis kita menjadi kacau.

Nah, jika kamu pernah atau sering melakukan hal tersebut, tahukah kamu bahwa mandi air dingin sehabis begadang itu bisa mengundang masalah kesehatan yang serius, bahkan sampai menyebabkan kematian? 

Perubahan suhu yang mendadak sangat berisiko bagi orang yang punya masalah jantung atau penyakit Raynaurd (penyakit yang mengganggu sirkulasi darah). Seperti dikutip dari kanal kesehatan BBC, dr. Chris Bleakley mengingatkan bahwa mandi air dingin bisa membuat tubuh shock. Apalagi jika suhu tubuh cukup panas karena begadangan semalam suntuk. 

Efek Negatif Begadang Hingga Larut Malam
Bekerja Sampai Begadangan | Ilustrasi
Suhu yang terlalu dingin bisa menyebabkan arteri dan pembuluh darah menyempit yang bisa mengakibatkan pasokan darah dan oksigen menuju jantung menjadi berkurang. Hal itu tentu akan mengakibatkan tekanan darah dan detak jantung akan naik secara tiba-tiba sehingga membuat kamu rentan mengalami nyeri dada, serangan jantung, atau stroke.  

Baca Juga : 

Mandi Air Panas Atau Air Dingin, Mana Yang Lebih Sehat?
Ternyata gaez, mandi dengan suhu yang berbeda akan memberikan dampak yang berbeda pula bagi tubuh kita, meskipun sebenarnya tidak ada satu anjuran yang paling benar, sebab baik mandi air panas dan air dingin sama-sama berkhasiat bagi kesehatan kita. 

Untuk membantu menentukan pilihan mana yang lebih sehat antara mandi air dingin dan air panas, yuk langsung saja kita simak ulasan dampak baik dan buruk mandi air panas atau air dingin bagi tubuh berikut ini.

Manfaat Dan Risiko Mandi Air Panas Bagi Kesehatan Tubuh
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin mandi air panas, salah satunya suhu air yang dipakai mandi. Menurut seorang spesialis kulit, dr. Melissa Piliang, sebaiknya suhu air saat mandi tidak lebih tinggi dari 44 derajat Celsius. Hindari juga mandi terlalu lama, cukup 5-10 menit saja, itu sudah bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh kita seperti berikut ini.

Melemaskan otot-otot yang tegang dan Melancarkan peredaran darah
Menikmati mandi air panas sambil menggerak-gerakkan leher, pundak, pinggang, atau bagian tubuh lain yang terasa kaku, bisa melancarkan peredaran darah dan membuat otot-otot yang yegang menjadi lemas. 

Mengurangi Stres Dan Cemas.
Mandi air panas mampu merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin yg bertanggung jawab untuk membuat kamu merasa lebih senang dan slalu berfikir positif.

Mencegah Insomnia Dan Gangguan Tidur.
Jika kamu memiliki gangguan tidur, silakan mencoba mandi air panas sebelum tidur untuk bisa merasakan tidur lebih berkualitas.

Mandi Air Hangat Setelah Begadang
Manfaat Mandi Air Hangat
Baca Juga :

Namun begitu, dari sekian manfaat yang bisa kita rasakan dengan mandi air panas, ternyata ada risiko yang bisa ditimbulkan jika kita mandi dengan suhu yang terlalu panas dalam waktu yang lama dan berbahaya bagi kesehatan seperti berikut.

Tekanan Darah Menurun
Air panas bisa menurunkan tekanan darah. Jika tekanan darah Anda drop secara mendadak, Anda mungkin merasa kepala Anda berkunang-kunang dan penglihatan agak kabur.

Kulit Kering Dan Pecah-Pecah
Meskipun terasa menenangkan, mandi air panas bisa membuat kulit kerin, air panas bisa mengganggu kelenjar minyak di kulit. Akibatnya, permukaan kulit pun jadi pecah-pecah dan terasa gatal.

Rambut Bercabang
Keramas dengan air panas juga berisiko menyebabkan rambut kering. Dan mudah patah dan bercabang ujungnya.

Manfaat Mandi Air Dingin Dan Risiko Yang Ditimbulkan
Suhu air dingin yang ideal berkisar pada 21 derajat Celsius, sesuai anjuran para pakar kulit. Sangat tidak disarankan untuk mandi dengan air es atau air yang suhunya lebih rendah dari anjuran para ahli tersebut. Membiasakan diri untuk mandi air dingin bisa memberikan banyak manfaat. Berikut adalah khasiat mandi air dingin bagi kesehatan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Saat mandi air dingin, tubuh memproduksi berbagai protein yang dibutuhkan oleh sistem imun yang berguna melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

Meredakan Depresi Dan Menyegarkan Pikiran
Bagi penderita depresi,  Air dingin yang bersentuhan dengan ujung saraf di permukaan kulit akan mengirimkan impuls-impuls elektrik pada otak. Hal ini akan dibaca sebagai sinyal agar otak tetap aktif dan segar, yang akan membuat kamu merasa lebih baik.

Suhu air yang dingin juga bisa memicu otak untuk memproduksi hormon norepinefrin, yaitu sejenis adrenalin yang akan membantu pikiran untuk tetap waspada secara alami.  

Menjaga Kesehatan Rambut Dan Kulit
Tak seperti air panas yang membuat kulit kering, air dingin bisa membuat kulit tetap lembap dan kenyal. Rambut Anda juga jadi lebih lembut dan bercahaya alami.

Akan tetapi, selain manfaat yang telah diuraikan diatas, masih ada risiko yang wajib kita ketahui dan hindari bila ingin mandi dengan air dingin. Tidak dianjurkan untuk mandi dengan air yang terlalu dingin apabila saat itu suhu di sekitar Anda memang sudah cukup dingin. Hal ini berisiko menyebabkan hipotermia dan denyut nadi melemah. Selain itu, mandi air dingin juga bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Baca Juga :

logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Bahaya!!! Penyebab Paru-Paru Basah Dan Angin Duduk Ternyata Karena Mandi Sehabis Begadang. Jangan Lupa Komentar Dan Share

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca ulasan-ulasan menarik yang kami sajikan, tinggalkan juga jejak kehadiran kamu di kolom komentar ya gaez. Bila ada kritik dan saran, sampaikan pada kami melalui menu layanan Contact Me. Kebijakan blog ini, tidak mengizinkan meninggalkan link aktif, dan tidak memperkenankan penggunaan kata-kata yang mengandung sara.