Selamat Datang Di Rumah Informasi Seputar Kesehatan, Info Unik, Gaya Hidup, Dan Teknologi Beserta Tips Dan Trik Bermanfaat

Begadangan Malam Tak Jadi Masalah, Ini Tips Tetap Segar Walau Tak Tidur Semalamam

  RN7      

Tips Tetap Sehat Meski Kurang Tidur Di Bulan Puasa 

Gak kerasa yah gaez, tau-tau udah mau ketemu bulan puasa aja nih, dan itu artinya, libur panjang sudah di depan mata. Nah, ngomongin soal puasa nih gaez, ada yang bakalan kita kulik abis nih yang wajib kamu kepoin tentang cara sehat walau telah begadangan semalam suntuk.

Yapz, apalagi kalau bukan aktifitas menunggu waktu sahur tiba, dimana biasanya waktu tersebut akan menjadi suatu moment yang mungkin akan mengganggu kualitas istirahat atau waktu tidur kita pastinya.

Tetap Sehat Segar Dan Bugar Menyambut Awal Tahun Baru

Nah, meski sebenarnya begadang bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh kita, terlebih nih ya gaez, jika setelahnya kita memaksakan untuk segera mandi air dingin sehabis begadang agar tetap telihat segar, ternyata hal tersebut sebenarnya tak memberikan efek apa-apa loh dan malah akan mengundang beberapa gejala penyakit lain menghampiri tubuh kita.

Akan tetapi, masih ada loh beberapa cara yang bisa kita terapkan untuk memulihkan stamina dan tampak tetap sehat  walaupun sering begadang terutama di bulan puasa ini, yang biasanya nih cowok-cowok untuk menunggu waktu sahur, ditahanan-tahanin seru-seruan bareng teman semalaman. Hayo pada ngaku??!!!

Nah, beberapa tips khusus berikut ini bisa kamu terapkan untuk tetap sehat meski tubuh mengalami kurang tidur atau istirahat, tanpa membutuhkan suplemen khusus atau jenis-jenis vitamin untuk memastikam tubuh tetap bugar setelah begadangan semalaman. Dan kiat-kiat apa sajakah itu, yuk langsung saja kita kepoin ulasannya berikut ini.  


Mandi Air Hangat Terlebih Dahulu
Bila kondisi memang memaksa kamu untuk segera mandi, disarankan untuk tidak menyiram atau membasahi diri dengan air dingin langsung setelah begadangan. Kamu bisa memulainya dengan siraman air hangat terlebih dahulu untuk tubuh kamu menyesuaikan diri dengan suhu air dan suhu di kamar mandi yang biasanya lebih dingin.

Kemudian setelah itu, baru kamu bisa melanjutkan dengan bilasan air dingin pada tubuh agar tubuh terasa menjadi lebih segar, diikuti dengan bilasan pada rambut, dengan sedikit pijatan di kulit kepala.

Mengonsumsi Kafein
Tak dapat dipungkiri, minum kopi atau teh dengan kadar kafein yang tinggi bisa memulihkan stamina dan membantu fikiran juga tubuh kita agar tetap terjaga ya gaez. Terlebih lagi bila kita mengkonsumsinya setelah begadang, yang mana untuk menyegarkan kembali tubuh kita diperlukan sekitar lebih kurang 100 hingga 200 miligram kafein.

Takaran tersebut setara dengan kira-kira secangkir kopi hitam atau dua cangkir teh hitam. Namun gaez, mungkin takaran itu bisa jadi lebih tinggi bila sehari-harinya kamu memang telah terbiasa minum kopi atau teh yang mengandung kafein asalkan tetap memastikan pilihan kopi yang gak bikin kembung.

Atau bagi kamu yang gak denen kopi hitam, bolej huga kok tuk memulainya dengan sajian kopi berbalut taburan cream atau cappuchino asalkan dengan takaran dan waktu yang pas, hal tersebut memungkinkan bagi tubuh untuk tetap terlihat segar bugar setelah begadang, kamu bisa juga melanjutkannya kembali dengan minum secangkir lagi untuk menstabilkan semangat kamu pada siang atau sore harinya.

Berjemur Dibawah Sinar Mentari Pagi
Berjemur di bawah sinar matahari bisa mengembalikan suhu tubuh menjadi normal. Disaat tubuh tubuh dan fikiran kita dipaksa begadang, secara otomatis hal ini akan membuat perubahan baru pada jam biologis kita sehingga menjadi berantakan.

Paska beraktivitas, otak akan segera memerintahkan tubuh untuk beristirahat karena mengira inilah saatnya kamu tidur malam. Hal itulah yang membuat kita merasa ingin segera tidur. Namun, selain mengikuti perintah dari organ-organ tubuh tadi, jam biologis juga masih akan menyesuaikan tubuh kita pada cahaya disekitar.

Nah, Ketika matahari telah terbit dan kamupun merasakan terik mentari pada bagian kulit sensitivemu,  maka secara otomatis jam biologis kamu akan men-set tubuh untuk kembali menjadi seperti semula seperti saat kamu tidak habis begadang.

Tak perlu khawatir kulit mu akan menjadi kusam akibat sengatan matahari, atau debu dan kotoran, cukup berjemur 10 hingga 15 menit saja, tubuh kamu dijamin akan merasakan kesegarannya kembali.

Nah, itulah tadi gaez, 3 hal penting yang wajib kamu terapkan untuk mengatasi badan lemas bila terpaksa begadangan dan kurang istirahat saat menunggu sahur di bulan ramadhan nanti untuk bisa tetap terlihat segar dan sehat sehabis larut begadangan tanpa perlu suplemen atau bantuan asupan multi vitamin.

logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Begadangan Malam Tak Jadi Masalah, Ini Tips Tetap Segar Walau Tak Tidur Semalamam. Jangan Lupa Komentar Dan Share

Previous
« Prev Post

1 comment:

  1. Tambah minum madu plus jeruk nipis ga. Setelah itu air kelapa.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca ulasan-ulasan menarik yang kami sajikan, tinggalkan juga jejak kehadiran kamu di kolom komentar ya gaez. Bila ada kritik dan saran, sampaikan pada kami melalui menu layanan Contact Me. Kebijakan blog ini, tidak mengizinkan meninggalkan link aktif, dan tidak memperkenankan penggunaan kata-kata yang mengandung sara.