Selamat Datang Di Rumah Informasi Seputar Kesehatan, Info Unik, Gaya Hidup, Dan Teknologi Beserta Tips Dan Trik Bermanfaat

Mitos Keliru Bayi Sering Digendong Jadi Manja Dan Lambat Berjalan, Ini Fakta Yang Wajib Orang Tua Ketahui !

  RN7      

Dampak Positif Bayi Yang Sering Di Gendong

Ungkapan dan kepercayaan orang-orang tua pada jaman dulu yang menyebut bahwa sering menggendong dan memeluk bayi akan membuat si kecil menjadi manja ternyata sebuah kekeliruan. Uniknya, keyakinan tersebut berlangsung berlarut-larut, bahkan di era modern dengan teknologi serba canggih saat inipun, masih saja ada orang tua yang menyarankan mitos tersebut.

Bayi Sering Digendong Akan Menjadi Manja Dan Bau Tangan
Mitos Keliru Orang Tua Jaman Dulu Tentang Larang Sering Menggendong Bayi | Ilustrasi
Nah, untuk membuktikan bahwa mitos tersebut adalah sebuah kekeliruan, sebuah penelitian dilakukan oleh Nationwide Children’s Hospital di Ohio, AS, dengan mengobservasi 125 bayi prematur dan yang lahir normal untuk melihat bagaimana responnya terhadap sentuhan lembut.

Dan hasil dari penelitian tersebut ternyata menunjukkan fakta terbalik dari mitos yang diyakini bahwa sering menggendong bayi akan membuat manja dan lambat berjalan. Menggendong dan memeluk bayi justru banyak manfaatnya, ini tidak hanya memberi kenyamanan pada buah hati kita, tetapi juga berdampak positif bagi perkembangan otak bayi.

Dari hasil penelitian itu didapati, bayi lahir normal yang cukup bulan cenderung memiliki respon yang lebih tinggi terhadap sentuhan dibanding bayi prematur yang lahir dengan banyak mendapat prosedur medis.

Namun begitu, bayi prematur ternyata bisa juga mengalami perkembangan respon terhadap sentuhan dengan seringnya bayi tersebut mendapat sentuhan lembut dari orang tuanya.

Sering Di Grndong Mempengaruhi Perkembangan Otak Bayi
Sering Bersentuhan Dengan Bayi Bisa Lebih Mempererat Keterikatan | Ilustrasi
“Sentuhan lembut dan suportif seperti sentuhan skin-to-skin akan membantu perkembangan otak bayi,” kata Dr.Nathalie Maitre, salah satu tim pada studi ini.

Pakar perkembangan anak dr.William Sears juga menyebutkan bahwa menggondong bayi adalah bagian penting dalam pengasuhan anak. Bayi yang sering digendong akan lebih bahagia dan memiliki ikatan kuat dengan orang tuanya.

Nah tuh, beneran mitoskan. Jadi buat ayah bunda yang ingin memiliki rasa keterikatan yang lebih kuat lagi dengan sang buah hati, jangan ragu untuk sering menggendongnya yah.


logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Mitos Keliru Bayi Sering Digendong Jadi Manja Dan Lambat Berjalan, Ini Fakta Yang Wajib Orang Tua Ketahui !. Jangan Lupa Komentar Dan Share

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca ulasan-ulasan menarik yang kami sajikan, tinggalkan juga jejak kehadiran kamu di kolom komentar ya gaez. Bila ada kritik dan saran, sampaikan pada kami melalui menu layanan Contact Me. Kebijakan blog ini, tidak mengizinkan meninggalkan link aktif, dan tidak memperkenankan penggunaan kata-kata yang mengandung sara.