Selamat Datang Di Rumah Informasi Seputar Kesehatan, Info Unik, Gaya Hidup, Dan Teknologi Beserta Tips Dan Trik Bermanfaat

Waspada Jika Tangan Terus-Menerus Terasa Dingin, Ini Penyebab Yang Harus Diwaspadai !!!

  RN7      

Suhu tubuh setiap orang memang berbeda-beda. Ada orang yang suhu tubuhnya panas tetapi ada juga orang yang suhu tubuhnya lebih dingin. Mungkin kamu pernah menyentuh lengan atau telapak tangan seseorang dan merasakan sesuatu yang janggal sebab karena kulit orang itu terasa dingin meskipun berada pada ruangan dengan suhu yang hangat.

Penyebab Suhu Tubuh Menjadi Menurun
Gejala Awal Diabetes, Stroke, Dan Jantung 
Hal diatas tadi menunjukkan, tangan dingin tak selalu berarti seseorang sedang kedinginan. Ada beberapa alasan mengapa suhu tubuh seseorang memang lebih rendah dari kebanyakan orang. Nah, untuk mengetahui apakah suhu tubuh kita termasuk rendah atau tinggi, perlu dipahami terlebih dulu suhu normal tubuh dalam keadaan sehat.

Seseorang, ketika tidak sedang dalam kondisi sakit, demam, kedinginan, atau habis berolahraga, suhu normal tubuhnya adalah 37 derajat Celsius. Namun, perlu diingat juga, itu masih akan berubah-ubah terus sepanjang hari. Seperti pada pagi dan siang hari, biasanya kita akan mengalami peningkatan suhu tubuh sebanyak kira-kira 0,6 derajat Celsius. Akan tetapi di saat sore dan malam hari, suhu tubuh akan menurun hingga mencapai 35 derajat Celsius.

Lantas Gejala Apakah Jika Tangan Terus Terasa Dingin?

Suhu tubuh rendah seseorang yang kurang dari 37 derajat Celsius setiap harinya, akan menyebabkan kulit dan tangan menjadi dingin secara konsisten dan mengakibatkan dirinya akan lebih mudah merasa kedinginan. Nah gaez, jika kamu merasakan ciri-ciri tersebut, waspadalah sebab kamu berisiko mengalami salah satu dari beberapa kondisi kesehatan seperti dikutip dari laman hallosehat.com berikut ini.

1. Diabetes
Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Diabetes Association menyebutkan, suhu tubuh rendah bisa jadi salah satu gejala dan tanda diabetes. Hormon insulin yang berfungsi untuk menyerap gula dalam tubuh mampu meningkatkan suhu tubuh. Jika tubuh tidak memproduksi cukup insulin, suhu tubuhpun bisa menurun. Gangguan pada insulin adalah tanda dan gejala penyakit diabetes.

2. Penyakit jantung
Berbagai kondisi seperti darah menggumpal, penumpukan plak pada arteri,tekanan darah tinggi, dan pembuluh darah menyempit adalah beberapa contoh faktor pemicu penyakit jantung. Faktor-faktor tersebut menunjukkan gangguan pada aliran darah sehingga Anda akan mengalami suhu tubuh rendah. Gejala tersebut biasanya disertai dengan debaran jantung tidak wajar, terasa nyeri pada dada, aritmia, atau badan lemas.

3. Gangguan sistem saraf
Sistem saraf bagian otak yang mengatur suhu tubuh ialah hipotalamus. Jika bagian otak tersebut mengalami kerusakan jaringan, saraf ataupun sel, maka tubuh bisa kehilangan kendali terhadap pengaturan suhu normal.


Berbagai kondisi yang bisa menyebabkan gangguan sistem saraf tersebut adalah trauma pada kepala, aneurisma otak, stroke,multiple sclerosis, dan penyakit Parkinson. Konsultasikan segera kondisimu pada tenaga medis gaez jika terasa gejala lain seperti hilang kesadaran, sakit kepala, dan lemas.

4. Gangguan Hormon Dan Metabolisme
Gangguan hormon juga bisa menyebabkan suhu tubuh rendah. Jika organ-organ tubuh yang mengatur dan tersebut mengalami gangguan dan memproduksi hormon seperti kelenjar tiroid yang terletak di leher, kelenjar pituitari di otak, dan kelenjar adrenal di atas ginjal, tidak bisa memproduksi hormon secara normal, suhu tubuh kita bisa menjadi menurun.

Suhu tubuh merupakan salah satu fungsi metabolisme untuk mengatur bagaimana zat-zat dalam tubuh diubah menjadi sumber energi atau dibuang. Gangguan metabolisme bisa dipicu oleh beberapa hal, misalnya kurang aktivitas fisik, pola makan tidak sehat, atau kondisi seperti obesitas.

Perlu di perhatikan juga bila kamu mengalami gejala lain selain suhu tubuh rendah seperti merasa mual dan pusing, serta muntah-muntah, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter.

logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Waspada Jika Tangan Terus-Menerus Terasa Dingin, Ini Penyebab Yang Harus Diwaspadai !!!. Jangan Lupa Komentar Dan Share

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca ulasan-ulasan menarik yang kami sajikan, tinggalkan juga jejak kehadiran kamu di kolom komentar ya gaez. Bila ada kritik dan saran, sampaikan pada kami melalui menu layanan Contact Me. Kebijakan blog ini, tidak mengizinkan meninggalkan link aktif, dan tidak memperkenankan penggunaan kata-kata yang mengandung sara.