Selamat Datang Di Rumah Informasi Seputar Kesehatan, Info Unik, Gaya Hidup, Dan Teknologi Beserta Tips Dan Trik Bermanfaat

Manfaat dan Efek Negatif Minuman Teh

  RN7      

Minuman teh memang menyegarkan dan menimbulkan efek nyaman dan ketenangan bagi pengkonsumsinya, tapi tahukah kita selain sekian banyak manfaat yangkita dapat dari mengkonsumsi minuman teh ini, ada pula efek buruk yang di timbulkan  seiring terlalu seringnya kita melakukan kebiasaan minum teh.
Beberapa penelitian mengemukakan secara komprehensif mengenai manfaat teh, berikut ini beberapa manfaat teh bagi kesehatan yang dapat saya sajikan.

1. Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi dan Resiko Penyakit Jantung.
Teh mengandung inhibitor unik enzym yang menstimulir tekanan darah. Kandungan Mineral Kalium (K) lebih besar dari Natrium (N).
Unsur serat yang terdapat pada teh mampu menurunkan kadar Cholesterol dalam darah, sehingga resiko penyumbatan dinding arteri oleh kolesterol (Arthriclerosis) yang merupakan pemicu penyakit jantung berkurang. Mineral Cu dan Mn, antioxidant plavonoid pada teh mampu menekan dan memusnahkan serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan serangan jantung.

2. Memelihara Kesehatan Gigi dan Mencegah Karies

Kadar Flour & Polifenol yang cukup tinggi pada teh merupakan unsur penting untuk kesehatan , mencegah plak dan mengacaukan aktifitas bakteri penyebab karies.

3. Penatalaksanaan Berat Badan (Tea organizes your weight)
Kandungan serat yang tinggi pada teh menyebabkan paparan zat gizi dengan sitem pencernaan dalam tibuh menjadi lebih singkat, akibat zat gizi yang berhasil diserap tubuh menjadi lebih sedikit. Diuretic effect, sehingga pengeluaran cairan urine menjadi lancar.

4. Meningkatkan Stamina Tubuh
Teh mengandung zat gizi (nutrient content)yang bersifat antioxidant dan zat lainnya yang bersifat antimutagen.

5. Memperlambat Proses Penuaan (Anti-aging)
Kandungan antioxidant menyebabkan umur hidup sel tubuh menjadi lebih panjang dan regenerasi sel berlangsung lebih lancar. Hal ini dapat meningkatkan umur harapan hidup.

6. Mengatasi Stress
Kandungan Caffeine yang cukup tinggi mampu menekan stess/kecemasan dan meningkatkan kemampuan kerja otot/organ.

7. Mencegah Pendarahan Berkepanjangan Akibat Luka
Kandungan vitamin K yang cukup tinggidalam teh berfungsi dalam pembekuan darah mampu mencegah pendarahan berkepanjangan karena luka.

8. Pengendalian Kadar Gula (Diabetic Controller)
Mineral Mn yang banyak pada teh, berperan sebagai Co-enzym dalam metabolisme gula, sehingga proses pembentukan energi lancar.

9. Pengobatan Migrain / Sakit Kepala
Berbagai alkaloid yang terkandung pada teh dapat berperan dalam proses pengobatan migrain.

10. Pengobatan Diare
Unsur serat pada teh mampu menyerap cairan, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi diare. Secara tradisional telah terbukti manfaatnya (teh kental).

Efek Buruk Mengkonsumsi Teh Berlebihan, Terutama Teh Hijau !


Adapun ternyata dibalik manfaat-manfaat tersebut, ada empat efek samping yang ditimbulkan oleh teh terutama teh hijau, seperti yang saya kutip dari amazing-green-tea, sebagai berikut :



Bila Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein
Teh mengandung setengah jumlah kafein yang ditemukan dalam kopi. Bagi sebagian orang yang sensitif dengan kafein, akan mendapati gejala seperti kegelisahan, mudah tersinggung, susah tidur, tremor, jantung berdebar, hilangnya nafsu makan, mual, terlalu sering buang air kecil bahkan merah pada kulit. Oleh karena itu, ada baiknya jika tidak mengonsumsi teh hijau berlebihan.

Bila Anda sedang hamil atau menyusui
Teh hijau mengandung, kafein, catechins, dan tannic acid. Ketiga kandungan tersebut telah seringkali dikaitkan dengan risiko kehamilan, salah satunya menyebabkan gangguan saraf pada bayi. Namun jika Anda mengonsumsinya secara wajar, hal tersebut tidak perlu terjadi. Tetapi sebaiknya, hindari mengonsumsi teh hijau pada saat kehamilan awal.

Bila Anda tidak menyikat gigi dengan benar
Teh dan kopi merupakan minuman yang dapat meninggalkan noda pada plak gigi. Jika plak tidak dibersihkan dalam waktu 24 jam maka akan mulai mengeras dan menjadi karang gigi. Karang gigi dapat menyerap lebih banyak noda dari produk makanan atau minuman lainnya.

Untuk menghindari efek samping dari teh hijau, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Menurut Tea Council dari Inggris, takaran yang tepat untuk meminum teh adalah tidak lebih dari enam cangkir teh hijau tiap harinya.

Baca Juga :

Keunikan Minuman Teh
Mengapa Harus Banyak Minum Air Putih
Jenis Teh dan Keunikannya
Bahaya Minuman Teh Bagi Balita

logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Manfaat dan Efek Negatif Minuman Teh. Jangan Lupa Komentar Dan Share

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca ulasan-ulasan menarik yang kami sajikan, tinggalkan juga jejak kehadiran kamu di kolom komentar ya gaez. Bila ada kritik dan saran, sampaikan pada kami melalui menu layanan Contact Me. Kebijakan blog ini, tidak mengizinkan meninggalkan link aktif, dan tidak memperkenankan penggunaan kata-kata yang mengandung sara.